Pages

Rabu, 22 Februari 2012

Liburan Ke Kyoto, Jepang !!

Kalau dengar Jepang, pasti yang kamu ingat hanya Tokyo, Hokkaido, Hiroshima dan Nagasaki, kan? Tapi, Jepang punya daerah-daerah yang tidak kalah terkenalnya dengan nama-nama tadi loh,,
Nah, bagaimana dengan Kyoto? Kita cari tahu info tentang Kyoto yuk,,
Kyoto (Kyōto-shi) adalah kota yang terletak di Pulau Honshu, Jepang. Kota ini merupakan bagian dari daerah metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto. Kyoto memiliki banyak situs bersejarah dan merupakan ibu kota Prefektur Kyoto.

Selain itu, Kyoto juga dikenal sebagai kota pelajar loh, di Jepang. Oleh karena itu, di Kyoto ini, terdapat
lebih dari 37 universitas dan akademi. Tiga universitas terbesar dan paling terkenal yang ada di Kyoto adalah Universitas Kyoto, Universitas Dōshisha dan Universitas Ritsumeikan. Universitas Kyoto dianggap sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang paling prestisius di Jepang dan telah menghasilkan beberapa penerima hadiah Nobel.
Kyoto yang sarat dengan peninggalan budaya merupakan tujuan pariwisata budaya paling utama di Jepang. Kyoto selalu indah sepanjang tahun, salju di musim dingin, mekarnya bunga Sakura di musim semi, bukit-bukit yang sejuk di musim panas, dan pemandangan warna-warni daun di musim gugur.
Ada banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa kamu kunjungi jika sedang berlibur di Kyoto ini, yuk kita liat dimana saja ya???

Istana Kaisar di Kyoto ini disebut Kyoto Gosho. Istana ini merupakan kediaman keluarga kekaisaran selama lebih dari 1.000 tahun. Namun pada 1868 istana "Kyoto Gosho" itu, dipindahkan ke Tokyo.



Peninggalan kekaisaran Kyoto sampai sekarang masih menyimpan keindahan dan misteri tersendiri. "Kyoto Gosho" berbentuk persegi panjang, dengan panjang 450 meter dari utara ke selatan dan 250 meter dari timur ke barat. Istana ini luasnya sekitar 110.000 meter persegi, serta memiliki enam pintu, termasuk pintu gerbang Kenreimon utama.



Ada beberapa bagian dalam istana ini, termasuk Shishinden yang digunakan untuk upacara seperti upacara pentakhtaan. Di bagian selatan Shishinden terdapat "Dan Tei", sebuah taman selatan ditutup dengan kerikil putih. Taman ini dikelilingi oleh sebuah koridor berdinding putih dengan pilar-pilar berwarna merah terang cerah. Sepanjang koridor, ada tiga pintu gerbang termasuk gerbang Jomeimon yang menghadap ke Shishinden.



Istana kekaisaran Kyoto dikelilingi oleh tembok tanah yang disebut Tsuiji. Istana ini didirikan di tengah kota dan wilayah kota dibagi ke dalam blok-blok berbentuk persegi empat. Hal ini meniru model ibu kota istana di Tiongkok.

2. Kyoto Tower 


Kyoto Tower adalah tempat wisata Jepang di Kota Kyoto yang menarik.Kyoto tower adalah bangunan tertinggi di dalam kyoto .Kyoto Tower Tingginya mencapai 131m.131 m ini berdasarkan jumlah penduduk pada saat dibangun 1,310,000.



Bangunan tinggi ini sudah pernah merasakan banyak kali kehebatan  angin puting beliung.Selain itu Kyoto tower ini juga sudah bertahan gempa bumi besar yang memiliki kekuatan 5 skala licher.Hal-hal tersebut membuktikan kehebatan teknologi dan kemampuan orang jepang membangun bangunan setinggi 131m ini.

3. Istana Nijou

 Gerbang Nijou Palace

Kastil Nijou dikenal sebagai tempat tinggal resmi Shogun Tokugawa selama menjalankan tugasnya di ibu kota kekaisaran Kyoto untuk mendampingi tempat tinggal resmi Kaisar Jepang di Kyoto (Kyoto Gosho). Kompleks Nijoujou sangat luas tak kalah dari Kyoto Gosho, dimulai dari gerbang utama, bangunan utama Ninomaru Gouten, Honmaru Gouten hingga tamannya yang luas. Hal yang paling menarik dari Ninomaru Gouten adalah lantai burung bul-bul yang akan berderit walaupun cuma diinjak pelan.



Konstruksi demikian dibuat untuk mencegah penyusup menyelinap masuk ketempat tinggal Shogun tanpa ketahuan. Kalau misalnya musuh Shogun mengirim seorang Ninja yang ingin membunuh sang Shogun, dipastikan dia harus mengirim Ninja dengan ilmu meringankan tubuh yang sangat mumpuni untuk menghindari jebakan lantai berderit. Selain itu gedung ini memiliki beberapa pintu rahasia tempat pengawal Shogun bersembunyi melindungi Shogun secara diam-diam.


4. Studio Film Toei Eigamura

Studio film milik Toei di daerah Uzumasa yang didirikan demi kepentingan pembuatan film genre Jidaigeki ini cukup menarik perhatian para turis karena menampilkan berbagai macam setting untuk situasi jaman samurai dari bangunan, jalan, sungai, jembatan hingga pasar. 

Masih banyak lagi tempat wisata bersejarah yang sangat sarat dengan nuansa Japanese nya..
Kalau ke Jepang, singgahlah di Kyoto dulu ya... 
Arigatoo ... ^^   (put)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar