Pages

Minggu, 13 Januari 2013

WISATA KE HAKONE, PREFEKTUR KANAGAWA, JEPANG


Konbanwa Mina San !!
 
Kali ini, kita kembali lagi ke negeri sakura, Jepang! Nah, kita akan berwisata ke Hakone. Hakone adalah sebuah kota resor di Jepang terkenal dengan mata air panas. Tepatnya terletak di Prefektur Kanagawa, selatan barat Yokohama.

Dahulu kala, sampai tahun 1991, Hakone menjadi pusat wisata bagi masyarakat asli jepang sendiri, loh. Namun, seiring berjalannya waktu, masyarakat jepang lebih
memilih berwisata ke luar jepang. Hemmm, Kawaisou ni.


Nah, Sejak itulah pihak pariwisata Hakone mulai mengalihkan diri ke turis asing. Jika kita berkunjung ke pusat informasi pariwisata di Tokyo, kebanyakan turis asing barat dan Asia lebih memilih berkunjung ke Hakone.
Tapi, kenapa ya? Apa sih serunya berlibur ke sana? Yuk kita simak.. 

Dari Tokyo kita bisa naik kereta di stasiun shinjuku dengan membeli Hakono Free Pass seharga 5000 yen/ 2 hari. Saat membeli Hakone Free Pass kita diberi Buku Panduan yang berisi alternatif-alternatif rute wisata yang bisa dilakukan, beserta tempat-tempat mana saja yang bisa mendapatkan diskon jika menunjukan Free Pass tersebut. Dengan Hakone Freepass kita bisa menaiki sepuasnya Hakone Tozan Train, Hakone Tozan Cablecar, Hakone Ropeway, Hakone Sightseeing Cruise, Odakyu Hakone Highway Bus, Hakone Tozan Bus, dan Numazu Tozan Tokai Bus. pemerintah Jepang memang benar-benar memperhatikan tamunya ya. Sugoi... ^^

Setelah melalui perjalanan selama 90 menit, kita akan tiba di stasiun Hakone-Yumoto. Disini udaranya sungguh segar. Sebenarnya, Hakone ini seperti “puncak” nya jepang, karena udara yang sama dinginnya.  
Tujuan pertama kita setelah keluar dari stasiun hakone yamoto ini adalah Owakudani. Terletak di daerah bekas erupsi Gunung Hakone 3000 tahun yang lalu. Sekarang disini banyak ditemui belerang, kawah, sungai dan pemandian air panas/Onsen. 

 

Ada onsen yang bisa di gunakan tanpa pakaian dan dengan pakaian. Tapi tenang saja, walau pun tanpa pakaian, tempatnya tertutup dan aman, juga tidak di campur antara pria dan wanita. Ada juga kolam onsen yang berisi ikan-ikan kecil. Tinggal memasukan kaki ke dalamnya dan ikan-ikan itu akan menggigiti kulit-kulit mati di kaki. Selain itu, ada juga kolam onsen yang berisi dengan air teh hijau, warnanya benar-benar hijau seperi teh. Atau onsen yang berwarna merah karena air itu dari minuman anggur. Wow!! 


Selain untuk berendam, ternyata kolam air panas di Owakudani ada yang di gunakan untuk memasak. Kok bisa begitu ya? Owakudani ini terkenal dengan makanan khasnya yaitu telur hitam Kuro-Tamango yang langsung direbus air mendidih alami berbau belerang. Telur hitam yang direbus dalam air belerang ini juga diyakini penduduk sekitar bisa memperpanjang usia. Memakan satu telur maka akan menambah 7 tahun usia. Kita boleh makan telur itu sebanyak dua setengah, tapi jangan 3 butir, karena tidak sehat. Telur-telur hitam itu banyak dijual di toko-toko sekitar Owakudani yang juga menjual souvenir. 1 bungkus telur yang berisi 5 butir di hargai 500 yen, jadi 1 butir nya 100 yen..


Jika cuaca mendukung, Owakudani menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat Gunung Fuji secara jelas. di danau Ashinoko, kita juga bisa melihat Gunung Fuji. Kita akan naik Ropeaway, atau gondola selama 15 menit menuju danau. Setelah sampai di danau, kita bisa naik Hakone Sight Seeing Boat menyusuri Danau Ashi. Kapal ini dibentuk layaknya kapal bajak lauk jaman baheula.








Tujuan dari kapal ini yakni ke Moto Hakone dan Hakonemachi. Selama kurang lebih 30 menit perjalanan ke Hakonemachi kita dapat melihat pemandangan indahnya Danau Ashi. Danau Ashi ini terbentuk dari dua ledakan besar Gunung Hakone yang membentuk kawah dan sekarang menjadi danau yang indah.


Setelah puas melihat danau, kita menuju museum.  Tapi museum ini tidak seperti museum-museum lain yang gelap dan membosankan. Museum Terbuka Hakone ini tidak berada di dalam ruangan, tapi di luar ruangan. Ya, semacam museum di alam terbuka gitu. Bahkan bisa disediakan semacam arena bermain anak-anak juga disini. Mulai dari pajangan patung perunggu, castle of nets dan geometry place sebagai tempat bermain anak-anak, sampai ke maze garden bisa di temukan disini. 







Setelah puas berkeliling Hakone, saatnya kita kembali lagi ke Tokyo dengan tiket yang sama seperti kita datang. menikmati lagi perjalanan selama 90 menit, dan kita sampai kembali di shinjuku.
selamat menikmati perjalan ya... Sayonara..
Jane!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar